Pengertian
Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer.
Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga
user menikmati game tersebut.
Biasanya pada video game terdapat
istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dari
scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa
efek cahaya, bayangan dan sebagainya yang dibuat agar seakan-akan
menyerupai scene 3D.
Biasanya
gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara
horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori
grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan pada istilah game
lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric projection.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam
tipe pemodelan:
-> 3 Dimensi object/model
ini merupakan model/object 3D yang
nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti
senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa
dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
-> 2 Dimensi graphic
Gambar 2D juga berperan dalam
membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai latar belakang
seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar
untuk speedometer pada game racing.
Kegunaan 2.5D dalam game adalah
sebagai pengaturan gerakan seperti golden axe, double dragon, path finding yang
biasanya cukup sederhana. Hal ini berguna untuk mengikuti posisi pemain dan
agar game lebih 'hidup'. Pada video game, biasanya scene 2.5D ini lebih
digunakan dalam visualisasi geografis (GVIS) untuk membantu memahami
representasi visual spasial-kognitif atau visualisasi 3D.
Level of Detai(LOD) biasanya
digunakan untuk mengatur material yang akan ditampilkan pada model objek.
Sedangkan untuk konsep menggambar LOD sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk
geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan. Baru-baru ini, teknik LOD
termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol kompleksitas pixel. Suatu
bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk tekstur selama
bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan kualitas rendering
yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang lumrah untuk mengatakan bahwa
"sebuah objek telah LOD'd" ketika objek disederhanakan oleh mendasari
algoritma LOD-ing.
http://farizkiridwan.blogspot.co.id/2013/07/visibility-pengantar-teknologi-game.html
https://ribunni.wordpress.com/2013/07/04/pengantar-teknologi-game-tugas-4/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar