BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Perkembangan smartphone meningkat sangat pesat. Seperti yang diketahui, saat ini
pengguna smartphone dapat melakukan
banyak hal, mulai dari kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
sampai yang berkaitan dengan masalah pekerjaan. Seiring berjalannya waktu
kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Hal ini menyebabkan para pengembang smartphone semakin berlomba-lomba untuk
membuat suatu inovasi baru yang mampu memenuhi kebutuhan dan meningkatkan
produktivitas masyarakat.
Pengguna smartphone
di masyarakat saat ini sangat luas dimana hampir disetiap tempat, penggunaan
alat komunikasi seperti smartphone
telah menjadi salah satu kebutuhan karena smartphone
dapat mendukung komunikasi antar masyarakat, seperti yang diketahui dimana
komunikasi selalu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan smartphone pengguna dapat memperoleh
informasi dan berkomunikasi dengan mudah.
Kemajuan ini merupakan salah satu peluang di
bidang bisnis, salah satunya adalah
mengenai bisnis penjualan smartphone. Berdasarkan
pengalaman ketika seseorang ingin membeli smartphone
dan dikarenakan belum mengetahui spesifikasi dan harga terbarunya, orang
tersebut harus membeli tabloid cetak terlebih dahulu untuk
mengetahuinya.
Berdasarkan dari pemanfaatan perangkat mobile
yang dapat memberikan informasi, maka dalam penelitian ini di buatlah aplikasi
mobile yang mempermudah mengetahui informasi spesifikasi dan harga terbaru smartphone dengan cepat, yaitu aplikasi
katalog smartphone yang terdapat di
dalamnya jenis,model,harga dan spesifikasi smartphone.
Aplikasi katalog smartphone ini di
kembangkan dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berbeda dengan
aplikasi katalog smartphone pada
umunya, contohnya pada aplikasi Gadget Price yang hanya memberikan informasi
harga dan spesifikasi smartpone.
Pembuatan aplikasi katalog smartphone dalam penelitian ini, menggunakan teknologi yang
menggabungkan benda maya kedalam lingkungan nyata secara real time yang di
sebut Augmented Reality. Augmented Reality telah di terapkan pada berbagai
bidang, salah satunya adalah bidang bisnis dan periklanan, dengan memanfaatkan teknologi Augmented
Reality pada katalog smartphone,
model dari smartphone dapat
ditampilkan secara tiga dimensi
sehingga pembeli dapat mengetahui bentuk smartphone
dan juga bisa menarik minat parapembeli.
Teknologi Augmented
Reality ini di buat dengan menggunakan media desktop dan software
pendukungnya yaitu Blender sebagai modeling objek tiga dimensi, Photoshop untuk
pembuatan marker dan Unity sebagai tahap akhir pembuatan Augmented Reality berbasis android.
1.2
Batasan
Masalah
Batasan masalah dalam pembangunan aplikasi ini
adalah :
1.
Aplikasi katalog smartphone ini hanya ada 6 merek smartphone yang masing-masing ada 2 tipe smartphone.
2.
Aplikasi katalog smartphone baru pembuatan tahun 2015-
2016.
3.
Aplikasi katalog smartphone memberikan informasi harga terbaru ( bukan second hand), spesifikasi dan model.
4.
Aplikasi katalog smartphone ini hanya digunakan untuk
menampilkan informasi dalam bentuk gambar, teks dan animasi tiga dimensi.
5.
Aplikasi katalog smartphone ini tidak
mencakup proses pemesanan dan pembelian secara online.
1.3
Tujuan
Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini, yaitu :
1.
Untuk mengembangkan aplikasi
berbasis android dengan
menambahkan teknologi Augmented Reality untuk katalog smartphone.
2.
Memudahkan masyarakat
untuk mengetahui informasi tentang harga,model dan spesifikasi smartphone terbaru dengan cepat.
1.4
Metode Penelitian
Metodologi
yang digunakan dalam penulisan ilmiah adalah :
1.
Analisis
Mempelajari beberapa aplikasi yang sejenis dengan
aplikasi yang akan di kembangkan untuk mendapatkan data dan informasi yang
berguna untuk pengembangan aplikasi penulisan ilmiah ini.
Data dan informasi dikumpulkan melalui referensi yang didapat dari internet
ataupun buku-buku.
2. Perancangan
Aplikasi yang akan dibuat menggunakan Android,
dalam penerapannya dibuat sebuah penanda yang didalamnya terdapat marker dengan pola yang telah ditentukan
dimana akan diidentifikasi koordinatnya sehingga akan menampilkan objek tiga
dimensi.
3. Pembuatan
Pada tahap ini merupakan pembuatan objek dengan
teknologi Augmented Reality berbasis Android.
4. Uji Coba
Pada
tahap ini dibutuhkan beberapa responden untuk uji coba penggunaan aplikasi pada
perangkat mobile dan yang menjadi respondennya adalah masyarakat pengguna smartphone.
1.5
Sistematika
Penulisan
Secara
sistematis isi dari penulisan ilmiah ini disusun sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini
membahas tentang latar belakang, batasan masalah, tujuan, metode penelitian,
dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN
TEORI
Bab ini
membahas tentang teori-teori dasar mengenai Android, Augmented Reality,
Blender, Unity, Vuforia dan Marker yang digunakan dalam mendukung pembuatan
penulisan ilmiah beserta aplikasi.
BAB III PEMBAHASAN
Bab ini
membahas tentang gambaran umum aplikasi, perancangan antar muka, pembuatan
model tiga dimensi, dan pembuatan marker disertai implementasinya.
BAB IV PENUTUP
Bab ini
berisi tentang kesimpulan mengenai aplikasi yang telah dibuat beserta
saran-saran yang bermanfaat untuk pengembangan lebih lanjut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar