Kamis, 23 Maret 2017

Website Yang Menggunakan Komputasi Modern



Pengertian Komputasi Modern
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

1. Akurasi (big, Floating point)
2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4. Modeling (NN & GA)
5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Salah satu web yang menggunakan komputasi modern adalah SimiliarWeb.com, website yang digunakan untuk menganalisa traffic dari suatu website.SimilarWeb.com merupakan situs penyedia layanan dalam analisis web, data mining, dan intelijen untuk perusahaan – perusahaan internasional. SimilarWeb menggunakan teknologi data yang besar untuk mengumpulkan,  mengukur, menganalisa, dan menyediakan statistik keterlibatan pengguna untuk situs web dan aplikasi mobile.




Contoh website gunadarma.ac.id pada SimiliarWeb.
Pada situs tersebut kita dapat memantau situs yang dicari untuk melihat ranking dari situs, jumlah pengunjung, dan berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan situs gunadarma.ac.id.


Informasi jumlah pengunjung gunadarma.ac.id  pada Maret 2017.



Secara keseluruhan, website ini bagus untuk mengetahui ranking dan popularitas dari suatu situs sehingga dapat mengetahui detil dari situs yang kita cari.
SimilarWeb bisa memberikan perkiraan jumlah traffic suatu website. Namun, SimilarWeb juga bisa terintegrasi dengan Google Analytics dari pemilik website apabila diizinkan. Dengan begitu, data yang ditampilkan tentang website tersebut bisa lebih akurat, dan hal ini dapat mempengaruhi peringkat website di dalam platform.
Website terverifikasi di SimilarWeb Ini menimbulkan efek:
Pertama, pengguna terverifikasi bisa mendapatkan peningkatan performa dalam platform. SimilarWeb mengakui bahwa mereka masih belum menghitung estimasi traffic yang berasal dari perangkat mobile. Dan dengan mengintegrasikan akun Google Analytics, sang pemilik website dapat meningkatkan performa website dalam SimilarWeb karena menggabungkan traffic dari website dan mobile.
SimilarWeb tidak selalu memiliki data yang benar, walaupun itu dalam bentuk estimasi. Sebagai contoh, kami merasa data SimilarWeb untuk Gunadarma.ac.id tidaklah akurat Gunadarma.ac.id merupakan website untuk mencari informasi tentang Universitas Gunadarma.
Intinya, sebagai pengguna bijak yang ingin menganalisa data traffic sebuah website, jangan langsung percaya dengan angka yang ditujukan oleh SimilarWeb. Apakah ada alternatif gratis yang lebih baik daripada SimilarWeb untuk membandingkan website online? Sejauh ini mungkin belum tersedia, namun pemain terbaik dalam penyedia layanan pembanding traffic website terbaik pun dapat dikatakan belum sempurna.
Dan seperti yang telah kami bahas sebelumnya, angka traffic dari founder website pun belum tentu benar. Hal yang dapat Anda lakukan ketika ingin mengetahui jumlah traffic secara pasti ialah dengan melihat Google Analytics mereka secara langsung – tentunya dengan seizin pemiliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar