Game
Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan
dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang
untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop
seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X.
fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup
mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau
tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan
buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan
lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering
dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang
sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa
dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah
program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program. Pada
C++, entry point-nya adalah fungsi ‘main().’ Biasanya program utama ini
relatif pendek. Game engine adalah program yang ‘memotori’ jalannya
suatu program game. Kalau game diilustrasikan sebagai ‘musik’ yang
keluar dari mp3 player, maka engine adalah ‘mp3 player’ dan program
utama adalah ‘data mp3’ yang dimasukkan ke dalam mp3 player tersebut.
Dengan adanya engine, waktu, tenaga dan biaya yang dibutuhkan untuk
membuat game software menjadi berkurang secara signifikan.
Beberapa game dengan jenis dan gameplay yang hampir sama bisa dibuat
dengan sedikit usaha bila terlebih dulu dibuat engine-nya. Setelah
engine diselesaikan, programmer hanya perlu menambahkan program utama,
memakai resources (objek 3D, musik, efek suara) yang baru, dan, jika
benar-benar dibutuhkan, sedikit memodifikasi engine sesuai kebutuhan
spesifk dari game yang bersangkutan. Program game engine seluruhnya
berorientasi objek. Dia lebih bersifat reaktif daripada prosedural.
Sulit untuk menggambarkan engine secara keseluruhan dalam flow-chart,
karena alur program bisa diatur sesuai dengan keinginan pemakai engine,
yaitu game programmer.
Tujuan Penggunaan Game Engine
Game engine menyediakan seperangkat alat pengembangan visual di
samping komponen software digunakan kembali. Alat-alat ini umumnya
diberikan dalam suatu lingkungan pengembangan terpadu untuk mengaktifkan
disederhanakan, perkembangan pesat dari permainan dengan cara
data-driven. Mesin pengembang Game upaya untuk “pra-menciptakan roda”
dengan mengembangkan suite perangkat lunak kuat yang mencakup banyak
unsur pengembang game mungkin perlu untuk membangun sebuah permainan.
Kebanyakan mesin permainan suite menyediakan fasilitas yang
memudahkan pengembangan, seperti grafik, suara, fisika dan fungsi AI.
Mesin permainan ini kadang-kadang disebut “middleware” karena, seperti
dengan istilah naluri bisnis, mereka menyediakan sebuah platform
perangkat lunak yang fleksibel dan dapat digunakan kembali yang
menyediakan semua fungsionalitas inti yang dibutuhkan, langsung dari
kotak, untuk mengembangkan sebuah aplikasi permainan sambil mengurangi
biaya , kompleksitas, dan waktu-ke-pasar-semua faktor penting dalam
industri video game yang sangat kompetitif. Gamebryo dan RenderWare
adalah seperti program middleware banyak digunakan.
Seperti solusi middleware lainnya, mesin permainan biasanya
menyediakan abstraksi platform, yang memungkinkan permainan yang sama
untuk dijalankan pada berbagai platform termasuk game konsol dan
komputer pribadi dengan sedikit, jika ada, perubahan yang dibuat ke kode
sumber permainan. Seringkali, mesin permainan dirancang dengan
arsitektur berbasis komponen yang memungkinkan sistem tertentu dalam
mesin yang akan diganti atau diperpanjang dengan lebih khusus (dan
sering kali lebih mahal) komponen middleware game seperti Havok untuk
fisika, Miles Sound System untuk suara, atau Bink untuk Video.
Beberapa mesin permainan seperti RenderWare bahkan dirancang sebagai
rangkaian dihubungkan secara longgar komponen middleware permainan yang
bisa selektif dikombinasikan untuk membuat mesin khusus, bukan
pendekatan yang lebih umum dari memperluas atau menyesuaikan solusi
terintegrasi yang fleksibel. Namun diperpanjang tercapai, hal itu tetap
menjadi prioritas tinggi dalam mesin game karena berbagai kegunaan yang
mereka diterapkan. Meskipun kekhususan nama, mesin permainan yang sering
digunakan untuk jenis lain aplikasi interaktif dengan kebutuhan grafis
real-time seperti demo pemasaran, visualisasi arsitektur, simulasi
pelatihan, dan lingkungan pemodelan.
Beberapa mesin permainan hanya menyediakan 3D real-time rendering
kemampuan bukan berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh game. Mesin ini
mengandalkan pengembang game untuk melaksanakan seluruh fungsi ini atau
merakit dari komponen middleware permainan lainnya. Jenis mesin umumnya
disebut sebagai “mesin grafis,” “mesin render,” atau “mesin 3D” bukan
meliputi lebih istilah “mesin permainan.” Terminologi ini tidak
konsisten banyak digunakan sebagai fitur lengkap mesin permainan 3D
disebut hanya sebagai “mesin 3D.”
Beberapa contoh mesin grafis adalah: Crystal Space, Genesis3D,
Irrlicht, JMonkey Engine, OGRE, RealmForge, Truevision3D, dan Visi
Engine. Modern permainan atau mesin grafis umumnya memberikan grafik
adegan, yang merupakan representasi berorientasi objek dari dunia
permainan 3D yang sering menyederhanakan desain game dan dapat digunakan
untuk rendering yang lebih efisien dari dunia maya yang luas.
Tipe Game Engine
Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditujukan
untuk berbagai kemampuan pemrograman. Ada 3 tipe game engine yang ada
saat ini, diantaranya :
- Roll – your – own – Game Engine.Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine-nya sendiri. Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Di sisi lain, mereka kadang menggunakan library komersil atau yang open source. Terkadang mereka juga membuat semuanya mulai dari nol.Biasanya game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar diberikan secara gratis, juga memperbolehkan mereka (para developer) lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Tower Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine-nya, hanya untuk ditulis ulang semuanya dalam beberapa hari sebelum penggunaannya karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.
- Mostly-ready game engines.Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Banyak dari mereka yang sudah benar-benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar.Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
- Point – and – click Engine.Engine ini merupakan engine yang sangat
dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa
mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque
Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah
bisa merilis game point-and-click yang kamu banget. Kekurangannya
terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan
biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara.Tapi
bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer
cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa
dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine ini
memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman
dan merilis game-game mereka secepatnya.
Beberapa Contoh Game Engine Open Source :
- 3D Game Studio
- Delta 3D
- Unreal Engine
- Panda 3D
- Torque
- Quake Engine
Reverensi : https://raflyjuninton93.wordpress.com